Berita  

Buka Rakerda PKK, Bupati Sukiman Dorong PKK Lebih Inovatif Wujudkan 10 Program Kerja Dukung Pembangunan Rohul

Buka Rakerda PKK, Bupati Sukiman Dorong PKK Lebih Inovatif Wujudkan 10 Program Kerja Dukung Pembangunan Rohul

targetkasusnews.co.id

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Rokan Hulu, di Pendopo Rumdis Bupati, Selasa (28/62022) sekitar Pukul 20.30 Wib.

Rakerda PKK Rohul dengan mengusung Tema “Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci dalam Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera”. Turut juga dihadiri Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman.

Selain itu, turut juga dihadiri Ketua GOW Rohul Sri Yulita, Ketua DWP Rohul Siska Irdaningsih SH dan Pengurus PKK Rohul, Kecamatan dan Desa se Rohul, Kadis Dikpora Rohul Margono, Plt Kadis DPMPD Rohul Prasetyo

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H. Sukiman mengapresiasi kepada seluruh pengurus PKK Rohul mulai dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan dan Kabupaten yang telah bekerja keras dan ikhlas membantu Pemkab Rohul dalam melaksanakan program pembangunan yang diselaraskan dalam 10 Program Pokok PKK.

Lanjut Bupati, PKK sebagai mitra kerja Pemda dalam hal meningkatkan kesejahteraan keluarga, khususnya terkait dengan pembinaan ekonomi keluarga maupun rumah tangga dan kesehatan masyarakat.

“PKK tentunya juga harus punya rencana dan program kerja strategis. Tidak hanya itu, PKK juga harus mampu mengevaluasi Program kerja yang telah berjalan selama ini, mana program-program kerja yang sudah terlaksana dengan baik dan mana program yang tidak dapat terlaksana dengan semestinya,” katanya

Bupati yang juga selaku Pembina Tim Penggerak PKK Rohul ini berharap Pengurus PKK Rohul harus mampu merumuskan kembali program-program PKK yang strategis dan inovatif, tepat arah, dan tepat sasaran dan bisa sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Rokan Hulu yaitu masyarakat makmur menuju Rokan Hulu Maju.

“Kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan Rakerda PKK ini. Semoga ide-ide dan gagasan yang jernih dan bernas dari seluruh peserta Rakerda PKK tahun 2022 ini dapat menghasilkan program kerja yang baik untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman mengatakan Rakerda PKK ini digelar sekali dalam lima tahun, sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan Rapat kerja Nasional (Rakernas) IX Tahun 2021 di jakarta, dan surat Ketua TP-PKK Provinsi Riau Nomor 11/skr/PKK.ProvI/2022 Tanggal 26 Januari 2022.

Sebagai sebagai mitra Pemkab Rohul, lanjut Hj Peni, TP-PKK Kabupaten Rokan Hulu perlu melakukan penyelarasan kebijakan, agar dapat berperan aktif dalam menyukseskan program-program pemerintah. Upaya penyelarasan tersebut, diimplementasikan dalam penyelenggaraan Rakerda.

“Rakerda yang kita laksanakan pada hari ini sebagai wadah bagi segenap kader PKK untuk melakukan evaluasi dan perencanaan terkait keberhasilan dan harapan dari pelaksanaan 10 program PKK. Maka melalui rapat kerja ini, diharapkan akan dapat menghasilkan persamaan persepsi dan komitmen yang kuat terkait dengan kebijakan program dan kegiatan TP-PKK, sehingga nantinya TP-PKK siap mensukseskan visi Kabupaten Rokan Hulu,” harapnya

Ketua TP PKK berharap kepada Bupati Rohul melalui OPD terkait dapat mendukung penuh kegiatan PKK sehingga keberadaan PKK ini menyentuh langsung terhadap kepentingan masyarakat terutama tentang 10 program PKK.

“Salah satunya yakni tentang program pengentasan stunting yang saat ini masih perlu tindakan nyata ditengah-tengah masyarakat dan sesuai dengan target kita bersama masalah stunting ini tahun 2024 akan selesai dengan capaian mencapai angka 14 persen,” harapnya

“Maka penting kami menyampaikan dalam pelaksanaan program kerja TP-PKK, semua pokja baik di kabupaten maupun kecamatan dan desa harus memiliki target capaian yang jelas dan rasional dan menguasai tugas dan fungsi masing-masing terutama dalam pelaksanaan program kerja TP-PKK,” pintanya

Sebelumnya, dari laporan Panitia yang juga Ketua GOW Rohul Sri Yulita mengatakan tujuan digelarnya Rakerda PKK ini untuk menciptakan Kader PKK yang berdaya saing dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Rokan Hulu.

Kegiatan Rapat Kerja Daerah PKK Kabupaten Rokan Hulu ini diikuti 135 Peserta PKK se Rohul, dilaksanakan pada hari Selasa s/d Rabu tanggal 28 – 29 Juni 2022 di Convention Hall Islamic Centre Pasir Pengaraian. Dengan mendatangkan Narasumber dari Tim Penggerak PPK Provinsi Riau.

( AJO / EYT )