Bunda PAUD Dairi Hadiri Pelepasan TK Negeri Pembina Sidikalang

Bunda PAUD Dairi Hadiri Pelepasan TK Negeri Pembina Sidikalang

targetkasusnews.co.id // DAIRI

Sidikalang – Sebanyak 158 murid TK Negeri Pembina Sidikalang dilepas oleh Bunda Paud Kabupaten Dairi NynRomy Mariani Eddy Berutu pada Sabtu (18/6/2022).

Pelepasan para murid tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Fatimah Boang Manalu, Camat Sidikalang Swanto Sitakar, Bunda Paud Kecamatan Sidikalang dan Bunda Paud Kelurahan Sidikalang.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Romy Mariani mengatakan 5 tahun pertama kehidupan akan menentukan 80 tahun kemudian, di mana sampai tua hidup kita akan dipengaruhi saat masa anak-anak.

Ia katakan penelitian mengungkapkan bahwa 80% anak-anak akan berkembang pertumbuhannya di usia 0-6 tahun.
Oleh karena itu, Ia menyampaikan selamat kepada orang tua yang paling berbahagia saat ini sekaligus terharu karena telah mengantarkan anaknya lulus di tingkat TK.

“Percayalah Tuhan sudah sediakan talenta untuk anak-anak kita. Mereka akan berkembang dan mari kita lihat talenta masing masing untuk dikembangkan. Di sekolah dasar akan banyak pelajaran yang akan ditempuh, kalau di paud pastinya bermain sambil belajar. Kalau nanti anak kita dapat nilai matematika 5, anak kita jangan dimarahi. Biarkan mereka berkembang sesuai dengan bakatnya. Tugas orang tua mengantarkan mereka sampai mengejar cita-citanya. Kita berharap anak anak kita ini akan menjadi anak anak yang berbakti bagi bangsa khususnya kepada keluarga,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan mengatakan dinas pihaknya berharap kepada para orangtua untuk berperan serta mendidik anak-anak yang dimulai dari keluarga.

“Kami harapkan kita berikan pendidikan yang disebut dengan SLB. Di tengah keluarga kita buat perlakuan sopan, pilih kata yang tepat ketika berkomunikasi di rumah, menegur dengan kata kata bijak sehingga itulah yang menjadi cerminan bagi anak-anak. Sekolah ini akreditasinya A, kepada orangtua kami harapkan segera daftarkan ke sekolah dasar karena itu adalah hak dalam pengasuhan anak,” ucap Fatimah.

Camat Sidikalang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orangtua yang sudah percayakan pendidikan anak-anaknya di TK Pembina.

Oleh karena itu mari para orangtua segera daftarkan anak- anaknya mengingat kuota hampir penuh di sekolah tersebut.

“Selamat kami ucapkan kepada anak-anak kami, semoga menjadi anak yang berbakti bagi keluarga dan bangsa,” ucap camat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Lismawani Silalahi mengatakan pelepasan paud tidak terselenggara akibat pandemi pada beberapa tahun yang lalu. Untuk jumlah siswa yang ada di pembina, Ia utarakan sebanyak 240 orang dan untuk tahun 2022 kuota pendaftaran hampir penuh.

“Jadi kami himbau kepada para orangtua segera daftarkan anaknya di sekolah ini.

“Selamat kami ucapkan kepada anak kami yang sudah lulus hari ini, selamat mengikuti pendidikan yang lebih tinggi yakni sekolah dasar,” ujarnya.

Dalam kegiatan pelepasan tersebut, beberapa kegiatan diadakan diantaranya pentas seni dan lomba fashion show.
( DAI/ AP)