Berita  

Bupati Rokan Hulu Buka Launching Puskesos Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Miskin

Bupati Rokan Hulu Buka Launching Puskesos Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Miskin

targetkasusnews.co.id

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman secara resmi buka Launching Pusat kesejahteraan sosial (Puskesos) melalui sistem layanan rujukan terpadu demi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat miskin. Rabu (07/12/2022) yang dilaksanakan di Hall Islamic Center Rohul.

Adapun pelayanan ini bersifat pelayanan mal Cekatan, Empaty, Respon time, Dedikasi, Inovatif, Komprehensif (CERDIK).

H. Sukiman dalam sambutannya mengatakan Puskesos merupakan layanan satu pintu yang ada di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Rohul.

Puskesos ini juga bisa dipergunakan untuk membantu penanganan permasalahan kesejahteraan sosial seperti pengurusan Program keluarga harapan (Pkh), Bantuan pangan non tunai (Bpnt), Kartu indonesia sehat (Kis) dan lainnya.

“Puskesos mal pelayanan sosial cerdik ini merupakan layanan yang menggunakan sistem pemberdayaan operator SIKS-Ng desa atau kelurahan yang ada di kabupaten rohul,” kata Bupati Rohul.

Bupati Rohul juga menjelaskan Puskesos ini juga mempunyai 10 Lokasi khusus (Lokus) dari 145 Desa se Kabupaten Rohul dan Lokus Puskesos Rohul berada di Desa Sikebau Jaya, Sialang Rindang, Kota Raya, Pasir Makmur, Tambusai Utara, Pasir Agung, Kumain, Kabun, Muara Jaya dan Bengkolan Salak.

Puskesos ini sendiri berfungsi untuk melakukan pendataan masyarakat fakir miskin yang ada di Kabupaten Rohul serta mempercepat layanan kepada masyarakat dalam penanganan kesejahteraan sosial.

“Dengan adanya Puskesos ini masyarakat tidak perlu datang ke ruang layanan Dinsos P3A kabupaten rohul, cukup datang ke puskesos terdekat untuk mengurus permasalah kesejahteraan sosial,” ujar Sukiman.

Sementara itu Kadis Sosial P3A yang di wakili oleh Sekretaris Dinsos P3A April Liyadi S,Sos, M,Si menyampaikan, dengan adanya Puskesos SLRT ini diharapkan mampu mengoptimalkan potensi dan sinergitas berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya.

“Sasarannya adalah memudahkan para pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial dalam mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat sasaran,” katanya.

Acara ini di hadiri Staf ahli, Asisten, Kepala OPD di pemkab Rohul, kabid Pemberdayaan Perempuan dan Sosial Puji Lestari SKM, Camat, Lurah, Kepala Desa, Pimpinan BPJS Rohul, TKSK, Operator SIKS-NG se Rohul, Koordinator, Operator dan Pendamping.

Hadir juga sebagai narasumber dari Kementrian Sosial dan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Sosial RI Triwiyanto A.Ks M.Si dan Muhammad Fahmi Amrullah S.Kesos.

( AJO / EYT )