Diapresiasi di Awal Tahun 2022, Rutan Labuhan Deli Panen Jagung, Nimrod Sihotang : Program Resolusi Masyarakat mantan WBP

  • Bagikan
Diapresiasi di Awal Tahun 2022, Rutan Labuhan Deli Panen Jagung, Nimrod Sihotang : Program Resolusi Masyarakat mantan WBP

TargetKasusNews.co.id

Medan – Mengawali Tahun 2022 Rumah Tahanan Negara ( Rutan ) Labuhan Deli Kanwil KEMENKUMHAM Sumut melaksanakan panen jagung seluas 7 hektar di daerah Marelan pasar 7 dan di daerah percut Sei tuan seluas 4 hektar, kegiatan ini merupakan wujud program resolusi pemasyarakatan yaitu mendukung program ketahanan pangan dan peningkatan pendapatan negara bukan pajak serta berperan dalam pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi. Dimana mantan Warga Binaan Pemasyarakatan ( WBP ) yang sudah jadi petani dan masyarakat sekitar dapat mendapatkan pekerjaan.

Kepala Rutan Labuhan Deli, Nimrot Sihotang, Kamis (6/1/2021), mengatakan panen raya jagung tersebut dalam rangka mendukung program Presiden RI tentang ketahanan pangan dengan istilah Lumbung Ketahanan Pangan (Food Estate).

Kemudian ditindaklanjuti oleh Kemenkumham dan jajaran mendukung program ketahanan pangan dengan mendeklarasikan resolusi pemasyarakatan tahun 2020.

“Saat ini petugas Rutan Labuhan Deli harus berinovasi dan tidak monoton dengan tugas sehari-hari.Jadi petugas rutan harus mampu berinovasi di bidangnya masing-masing,” ujarnya.

Nimrot berterima kasih kepada Kementan, Bappenas, Ditjenpas, serta pihak lain yang turut mendukung budidaya jagung. Sebab kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk mendukung program pemerintah, sekaligus juga pemenuhan program pembinaan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang saat ini menjalani hukuman.

“Pemasyarakatan di era digital ini bagi WBP tidak hanya menjalani hukuman saja lalu bebas,lebih dari itu kami juga berkewajiban untuk menanamkan mindset yang baik dan skil yang mumpuni agar mereka nantinya bila telah selesai menjalani hukuman bisa siap kerja, dan dapat membuat lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri,” katanya.

Sementara itiu, Kasubsi Bimbingan Rutan Labuhan Deli, Wilson Sibarani mengatakan berkat kegiatan budidaya jagung yang dibangun tahun 2018, mendapat dukungan dari Kementan, Bappenas yang difasilitasi Ditjenpas dan merupakan satu-satunya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumut yang mendapat bantuan.

“Lokasi panen jagung saat ini merupakan Sarana Asimilasi dan Edukasi yang kami tanam untuk budidaya jagung” katanya.

(Josua Giawa).

  • Bagikan