Berita  

Masyarakat Dilarang Buang Sampah Sembarang, Ibu ini Menjadi Tontonan Warga di Desa Sei Beras Sekata

Masyarakat Dilarang Buang Sampah Sembarang, Ibu ini Menjadi Tontonan Warga di Desa Sei Beras Sekata

Target Kasus News.co.id

Sunggal – Menjaga lingkungan tetap indah, bersih, dan nyaman tentunya bukan tanggung jawab sepihak saja melainkan tanggung jawab bersama. Peran sinergitas antara warga dan pihak pemerintahan setempat sangat dibutuhkan.

Namun berbeda halnya dengan ulah warga yang satu ini. Warga berinisial nama Rs, yang mengaku bermukim di Desa Sawit Rejo ini kepergok membuang sampah di Jalan Pasar 9 Dusun 4 Desa Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal, Deliserdang.

” Oh ini rupanya yang buang sampah selama ini. Kasih efek jera sajalah itu, biar kapok dia ” ucap warga yang melintas, Rabu (25/01/2023) sekira pukul 11.00 wib.

Sontak saja aksi membuang sampah sembarangan ini pun menjadi tontonan warga dan bahan pembicaraan warga sekitar.

Ulah warga membuang sampah ditepian Jalan Pasar 9 Dusun 4, Desa Sei Beras Sekata ini sudah cukup mengganggu pengguna jalan raya maupun para petani. Pasalnya sampah pelastik dan sisa limbah dapur menimbulkan bau menyengat sehingga warga yang komplin berupaya untuk mencegat warga yang membuang sampah sembarangan.

Dilokasi, Pj Kepala Desa Sei Beras Sekata Chandra melalui Kepala Dusun (Kadus) Oktora Tarigan menuturkan selama setahun terahir ini, sudah empat kali warga ketangkap membuang sampah. Ke empat warga yang ketangkap datang dari luar Desa Sei Beras Sekata yakni dari Desa Sukaraya, Desa Telaga Sari, kata Oktora.

Tambahnya, usaha yang dia buat untuk mengetahui warga yang membuang sampah sembarangan dengan memantau mulai dari jam 3 pagi ia lakukan pemantauan.

” Saya sendiri yang turun tangan untuk menangkap. Sebagai sangsinya mereka kami suruh membersihkan dan membakarnya. Harus dibersihilah biar ada efek jera” kata Oktora, kepada wartawan.

Sementara itu, Rs yang melakukan perbuatan tak terpuji ini pun berdalih bahwa ia baru sekali membuang sampah di lokasi ini. Menurutnya ia membuang sampah sembarangan akibat tidak adanya tukang pengangkut sampah di wilayah tempat tinggalnya. Nampak dari raut wajahnya tak ada menunjukkan penyesalan, meski mejadi tontonan warga sekitar.

(Josua Giawa).