Meningkatkan Kualitas Wartawan, FKWM Musi Rawas Adakan Sekolah Jurnalistik Setiap Hari Senin

  • Bagikan

targetkasusnews.co.id || Musi Rawas

Setelah dua hari dikukuhkan, Forum Komunikasi Wartawan Musi Rawas (FKWM) segera mengadakan rapat perdana musyawarah program kerja utama yang akan segera dilaksanakan, pada 19 September 2020, bertempat di Taman Kota, Kabupaten Musi Rawas (belakang kantor Pol PP Musi Rawas atau depan kantor perkim Musi Rawas).

Zainuri selaku Ketua Umum menjelaskan, untuk meningkatkan kapasitas wartawan yang tergabung di FKWM, maka sangat dibutuhkannya pelatihan untuk wartawan dengan cara FKW Musi Rawas akan segera melaksanakan sekolah jurnalistik yang diadakan setiap hari senin. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan mutu wartawan, sekaligus menciptakan wartawan yang berintegritas dan bermanfaat, (19/9/2020).

“Saya berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja jurnalistik dan terutama integritas teman-teman wartawan di FKW Musi Rawas. Pelatihan tersebut akan dimulai dari dasar,” tutur Zainuri.

Zainuri menambahkan, “adapun hasil musyawarah tersebut yaitu menyelenggarakan sekolah jurnalistik yang nantinya akan dilaksanakan setiap hari senin pagi.”

Ali Mu’ap yang menjabat sebagai Sekretaris Umum menerangkan, ide-ide yang baik untuk meningkatkan mutu serta kualitas para jurnalis, khususnya wartawan FKWM Dan wartawan di Kabupaten Musi Rawas.

“Sekolah jurnalis yang tidak dipungut biaya ini sangat penting untuk jurnalis di Kabupaten Musi Rawas. Mudah-mudahan dengan niat yang baik, Belajar rajin diharapkan akan tumbuh hasil kerja yang baik, dengan tujuan untuk kemajuan Daerah Kabupaten Musi Rawas,” terangnya.

Sementara itu, Dodi Chandra selaku Dewan Pengawas FKWM memastikan adanya Sekolah Jurnalistik Musi Rawas ini setidaknya akan membangun kembali bahwa media sebagai pilar ke-empat demokrasi sebagaimana fungsi dari pers sebenarnya.

“Sekolah Jurnalistik ini nantinya diisi dengan materi jurnalistik dari dasar hingga ke tingkat profesional. Kita bangun kembali, seperti apa kegiatan jurnalis itu sesungguhnya. Yakni tidak hanya sebagai sekedar penyampai informasi, namun juga sebagai referensi,” ujar Dodi.

Ditambahkannya, “era 4.0 ini mobilisasi informasi yang saat ini sangat deras dan cepat. Maka wartawan dituntut untuk bisa lebih mumpuni dan kreatif tanpa menghilangkan esensi jurnalistik dan kaidah-kaidah yang sudah menjadi standar produk jurnalistik.”

Musyawarah tersebut dihadiri ketua Dewan Pengawas FKW Musi Rawas dan 31 pengurus Lainnya. (Wardani)

  • Bagikan