Berita  

Pelaksanaan Kegiatan DAK SDN Pabuaran 03 Kecamatan Salem Terkesan Kurang Transparan

Pelaksanaan Kegiatan DAK SDN Pabuaran 03 Kecamatan Salem Terkesan Kurang Transparan

targetkasusnews.co.id // BREBES

Pemerintah pusat kembali mengucurkan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pendidikan di wilayah Kabupaten Brebes. Hanya saja, anggaran yang dikucurkan tahun 2022 ini tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Dari informasi yang di dapat, anggaran DAK fisik di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes hanya sebesar Rp 7 milyar. Anggaran tersebut sesuai rencana akan digunakan untuk pembangunan di 30an sekolah.

Adapun besaran nilai DAK yang diterima untuk kegiatan fisik senilai Rp 7 Milyar, sedang TIK senilai Rp 18 Milyar. Untuk teknis pelaksanaan sendiri, saat ini telah diputuskan dimana untuk proyek fisik dilakukan secara swakelola oleh masing-masing sekolah.Namun dalam pelaksanaan tidak semua kegiatan pembangunan sekolah di lakukan swakelola .

Seperti halnya yang terjadi

dipelaksanaan pembangunan rehab sarana pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Pabuaran 03 kecamatan Salem kabupaten Brebes.Hal ini di sampaikan kepala sekolah SD N Pabuaran 03 .Wahyudi .S.Pd.M.Pd (Rabu 21/09) kepada media (target kasus news.co.id )di lokasi kegiatan beliau menjelaskan.

Untuk pelaksanaan pembangunan rehab sekolah dilakukan dengan sistem swakelola tipe 1 jadi semua segala sesuatunya tergantung dinas.Baik pembelian material maupun semua segala sesuatunya.

Dari pantauan media di lapangan kegiatan pembangunan rehab di SDN PABUARAN 03 Kec.salem pada hari Rabu (21/09/2022) belum ada pemasangan papan informasi, sehingga terkesan kurang transparan dalam pelaksanaann rehab juga sebagian masih mengunakan kayu lama, bakan kayu yang baru saja ada yang pecah-pecah.

Setelah hal ini ditanyakan kepada Beliau selaku kepala sekolah, dan beliau menjelaskan, “emang belum dipasang, Mas, dikarenakan papannya baru datang beberapa hari yang lalu dan tempatnya baru kaya gini baru diperbaiki,” beliau mengatakan akan secepatnya dipasang, terkait dengan pengadaan material baik kayu maupun segala sesuatu tergantung dari dinas.

Ke

pala sekolah juga menjelas mengenai jumlah anggaran yang di alokasi 3 anggaran di antara 1 rehab ruang kepala sekolah senilai kurang lebihnya 42 JT dan rehab 2 lokal ruang kelas senilai 160 jt .serta pembuatan ruang UKS senilai kurang lebih 72 jt jadi total anggaran kurang lebih 270an jt.(Marlan)