Pemerintah Desa Loloanaa Idanoi Adakan Musyawarah RKPDES T/A 2021

  • Bagikan

targetkasusnews.co.id || GUNUNGSITOLI

Pemerintah Desa Loloanaa Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDES) T/A 2021sesuai dengan amanat UUD No 6 Tahun 2014 tentang Desa dan dimuat dalam peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa , bertempat di Kantor Desa Loloanaa Idanoi, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Senin (02/11/2020).

Acara ini dihadiri langsung PDTI Saul dari Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Perangkat Desa, T-P PKK, LPM,tokoh masyarakat, agama, dan tamu undangan lainnya.

Saat membuka kegiatan, Kepala Desa Loloanaa Idanoi Edieli Bate’e, A.Md, menjelaskan bahwa MUSDes Penyampaian Rancangan RKPDes untuk Tahun T.A 2021 ini menampung segala aspirasi masyarakat disusun sebagai kerangka acuan bagi Kades dan Perangkat Desa dalam Menyusun Program dan Kegiatan Tahun 2021.”

Kepala Desa Idanoi menambahkan, agenda ini wajib dilakukan dan hari ini disampaikan bahwa MUSDes ini meminta masyarakat untuk berpartisipasi memasukan usulan untuk kedepannya khususnya di Desa Loloanaa Idanoi yang lebih baik.

”Dalam RKPDes untuk anggaran 2021, saya selaku Pemerintah Desa Loloanaa Idanoi meminta masyarakat untuk kerjasamanya dalam pembangunan desa ini maju dan semakin membaik kedepan, dan semua usulan yang nantinya kita musyarawahkan untuk penetapan RKPDes sebagai pembangunan prioritas desa untuk di masukkan di APBDes 2021,” sampai Kades.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa Loloana’a Idanoi (BPD), Eliadi Halawa, dalam sambutannya ia sangat mengapresiasi Pelaksanaan Musdes Rancangan RKPDes dan Berharap Musdes yang dilaksanakan sebagai instrumen penilaian kinerja Perangkat Desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan kerjanya.

“BPD beserta Tokoh Masyarakat Desa Loloana’a Idanoi menilai bahwa Kinerja Kerja Pemerintahan Desa Loloana’a Idanoi yang dilaksanakan selama ini, Lebih baik dari sebelumnya dan adanya keterbukaan kepada Masyarakat Desa,” ucapnya.

PDTI, Saul, menerapkan bahwa dalam penyusunan rancangan RKPDes Tahun 2021 menjelaskan bahwa yang akan di prioritaskan oleh Pemerintah Pusat adalah Pemberdayaan, baik dalam bentuk kegiatan BUMDes, Pelatihan-pelatihan, Peternakan dan lain sebagainya. Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat mengharapkan supaya Dana Desa Tahun 2021 dapat meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa dan dapat tepat sasaran.

Dalam acara MUSDes RKPDes ini juga sekalian dihelat pembentukan tim penyusun dan kesepakatan dalam Musyawarah Desa dituangkan dalam Berita Acara Musdes, dilampiri dengan catatan, laporan singkat Musdes, undangan dan daftar hadir.Berita Acara Musdes ditandatangani oleh Ketua BPD, Kepala Desa dan wakil tokoh masyarakat dengan harapan semoga pembangunan Desa Loloanaa Idanou lebih baik.

Adapun Hasil usulan masyarakat Desa Loloana’a Idanoi pada Tahun 2021, mengusulkan Pengadaan Bibit Babi, Bibit Ayam Bertelur, Bibit Ayam Potong, Pertanian, Pelatihan Menjahit, Pembangunan Pengaspalan Jalan dari Dusun I menuju Dusun IV, serta kegiatan lainnya yang dianggap prioritas

Acara ini juga telah mematuhi protokol kesehatan untuk menghindar dari pendemi Covid-19. (Linda O.Batee)

  • Bagikan