Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Eddy Berutu: Mari Pemuda Mengasah Kreativitas dan Inovasi

Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Eddy Berutu: Mari Pemuda Mengasah Kreativitas dan Inovasi

Target Kasus news.co.id // Dairi

Sidikalang – Pemuda-pemudi diharapkan untuk mengembangkan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan mengasah kreativitas dan inovasi. Hal demikian adalah merupakan pekerjaan utama para pemuda Indonesia.

“Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras,” kata Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan hari sumpah pemuda ke-94 di Kantor Bupati Dairi, Jumat (28/10/2022).

Ditambahkannya, jika melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi moda untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang,” tegasnya.

Menurut Bupati, terhadap situasi saat ini, upaya yang dilakukan pemuda adalah pemberdayaan, pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dipertimbangkan agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi.

“Di momentum di hari sumpah pemuda yang mengambil tema ‘Bersatu Bangun Bangsa’ saya mengajak semua pemuda Dairi untuk meningkatkan semangat kita bersama untuk mewujudkan Kabupaten Dairi menuju Dairi Unggul dalam harmoni keberagaman. Ayo bergandengan kita semua bergandengan tangan,” ujarnya.

Sesuai upacara peringatan hari sumpah pemuda, Bupati Dairi memberikan hadiah kepada pemenang lomba lari yang dilaksanakan oleh KNPI Kabupaten. Kemudian memberangkatkan kontingen Kabupaten Dairi untuk mengikuti Porprovsu yang digelar mulai tanggal 25 Oktober sampai dengan 4 Nopember 2022.

Turut hadir dalam upacara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Dairi dan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda). Sedangkan peserta upacara terdiri dari ASN Pemkab Dairi, Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani, Pelajar Sekolah Dasar (SD) SLTA, Pramuka, OKP, Ormas dan TNI-Polri. (DAI/ AP)