PT. KSA Tidak Mendapatkan IUP Dari Pemkab Rohul

  • Bagikan

targetkasusnews.co.id // ROKAN HULU


Perkebunan Kurma Yang dikelola oleh PT. Kurma Sahabat Alami (KSA) tepatnya di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau tidak jelas Izin Usaha Perkebunan (IUP) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu Agung Nugroho saat diwawancarai oleh awak media ini merasa terkejut adanya pembukaan kebun kurma di daerah Rokan Hulu.

“Selama perusahaan kurma beraktifitas di lingkungan Rokan Hulu sama sekali tidak pernah mengurus rekomendasi disini, dan tidak pernah pihak perusaan mengunjungi kami disini termasuk Kepala Desa (Kades) Sialang Jaya.” Kata Agung di ruang Kerjanya. Rabu (17/03/2021).

Menurut ketentuan Undang – undang Berdasarkan Pasal 47 ayat (1) Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 disebutkan bahwa “Perusahaan Perkebunan yang melakukan usaha budi daya Tanaman Perkebunan dengan luasan skala tertentu dan/atau usaha Pengolahan Hasil Perkebunan tertentu wajib memiliki Izin Usaha Perkebunan.” Jelasnya.

“Seharunya terkait perkebunan menurut undang-undang di Negara Indonesia wajib pengusaha perkebunan tersebut memiliki rekomendasi dari kami Dinas Perkebunan.” Ucapnya.

Agung Nugroho mengucapkan terima kasih atas informasi tentang adanya pembukaan lahan kurma diwilayah Rokan Hulu tentunya dalam waktu dekat ini kita dari Dinas Perkebunan Kabupaten Rokan Hulu akan turun langsung ke lokasi perkebunan kurma tersebut.

Kita juga akan memanggil sekaligus mempertanyakan kepada Kepala Desa Sialang Jaya, apakah ada surat rekomendasi dari Desa sehingga perkebunan itu bisa digarap oleh PT. SKA.” Kata Kadis sekaligus mengakhiri nya

A Y Tanjung

  • Bagikan