Sikfikal Lumban Gaol Terpilih sebagai Ketua UPJA Mahato Rohul ( Riau )

  • Bagikan

“Dihadiri Kelompok Tani se Desa Mahato”

targetkasusnews.co.id||ROHUL

Sikfikal Lumban Gaol sebagai Pengusaha Muda Mahato “Apotik Labora , adakan kegiatan Pembentukan UPJA ( Unit Pelayanan Jasa Alat Mesin Pertanian )

“Karena Mahato salah satunya desa yang menjadi perhatian Ir Effendi Sianipar – anggota DPR RI. Ini sudah pernah dikatakannya saat kunjungannya ke desa tersebut pada dua tahun yang lalu, bahwa lahan desa Mahato bisa untuk bertanam hortilkultura dan menjadi bagian penting untuk menambah penghasilan keluarga.

“Keseriusan itu diwujudkan pada pertemuan Selasa (14/7/20) di rumah Tokoh Masyarakat H. Gunawan Km 24 Mahato Bandar Selamat Tambut Rohul Riau . Kegiatan tersebut yang diadakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Rokan Hulu , dan dihadiri sejumlah pengurus Kelompok Tani se Desa Mahato – serta “Sanggam Manurung sebagai ” Staf Ahli anggota DPR RI Ir Effendi Sianipar.

“Pada kegiatan tersebut nampak hadir : Sikfikal Lumban Gaol – anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu Partai PDIP , Syarifman Zani S Pd – Kades Persiapan Mahato Cindur Jaya , Sada Arih Sembiring ,STh. MA pengurus LPM desa Mahato, Sanggam Manurung Staf Ahli IR . Effendi Sianipar Anggota DPR RI , serta masyarakat desa Bandar Selamat KM24 Mahato .

” Acara diawali sambutan dari Nurbini – Kasi PSP Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rokan Hulu menjelaskan perlu evaluasi kesiapan UPJA ( Unit Pelayanan Jasa Alat mesin pertanian) hadir didesa Mahato guna untuk membantu pengolahan lahan warga bertani. Pemerintah buat program tersebut guna meringankan biaya olah tanam serta unit dioperasi secara manajemen pengurus yang didasari kesepakatan  kelompok tani yang ada pada satu desa.

” Ditambahkan Sanggam Manurung mengingatkan adanya UPJA setelah Ir Effendi Sianipar memandang desa Mahato sangat memerlukan alat pertanian modern, herbiaya ringan guna melayani olah tanam yang dibutuhkan 27 Kelompok tani yang ada,” katanya .

“Sambungnya menjawab pertanyaan yang hadir hal- hal yang perlu menjalankan unit kerja tersebut, terangnya perlu manajemen pengurus terdiri Manager, Sekretaris dan Bendahara serta Operator alat pertanian traktor. Juga dipentingkan sistem pelayanan kepada sejumlah kelompok tani yang membutuhkan alat itu termasuk penerimaan upah pelaksanaan dilapangan hingga biaya tersedia untuk perawatan alat.

“Sambutan Sikfikal Lumban Gaol katakan : rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Sanggam Manurung sebagai Staf Ahli Anggota DPR RI Ir. Effendi Sianipar yang ikut hadir pada saat ini . Kelompok tani yang ada didesa Mahato sangat terbantu dengan aspirasi anggota DPR RI – Ir Effendi Sianipar,” ucap Fikal .

“Terobosan maju bertani  sudah menjadi keharusan disaat sekarang. Sembari diterangkannya selaku anggota DPRD Rokan Hulu, Ia sudah jadi perhatian dengan bertani didesa Mahato nanti bisa jadi sumber kebutuhan pangan pada daerah lain.

” Itu disanggupinya dengan ia memperoleh 1 unit traktor olah lahan dari Kabupaten dan niatnya akan diserahkan kepada UPJA. Lanjutnya, mohon kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rokan Hulu agar selalu  bekerjasama dengan UPJA di desa Mahato .

“Pengurus Kelompok Tani  yang hadir menyambut terbentuknya UPJA dan  dari hasil sepakat diberi nama ,UPJA “Maju Bersama .Usulan dari Sikfikal Lumban Gaol , agar pada pertemuan segera adakan pemilihan pengurus unit kerja, saat itu juga dilaksanakan pemilihan pengurus, harap Sikfikal Lumban Gaol .

“Akhir dari keputusan bersama telah mendapkan hasil : sebagai Manager UPJA ( Ketua ) , secara aklamasi dipercayakan kepada Sikfikal Lumban Gaol (foto: baju kotak biru hitam) selanjutnya secara voting terpilih Riko Lambas Sihombing sebagai Sekretaris (foto: baju batik biru) dan S Sembiring sebagai Bendahara (foto: baju putih samping sekretaris).

“Kemudian dimusyawarah untuk disepakati sistem manajemen kerja agar semua kelompok tani nantinya  dapat terlayani, hal ini diketahui wajib semua anggota.

“Diakhir acara pertemuan itu, Sikfikal Lumban Gaol , sebagai Ketua UPJA Mahato yang Baru terbentuk ( Apotik Labora – Anggota DPRD Rokan Hulu Partai PDIP ) mengajak peserta untuk foto bersama didepan kediamannya , yang tak jauh ditempuh sekaligus penyerahan traktor sebagaimana janjinya.
( AJO / EYT )

  • Bagikan