Tanggamus Puskesmas Sumanda Diduga Asal Tangani Limbah B3

  • Bagikan

targetkasusnews.co.id // TANGGAMUS

Penanganan Limbah Medis di Puskesmas Jl Kihajar Dewantara Sumanda, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus Diduga Melanggar System’ Operasional Prosedur (SOP) Penanganan Sampah B3, dimana sampah yang dihasilkan oleh Puskesmas tersebut hanya dibakar layaknya sampah rumah tangga. jum,at (08/10/21)

Padahal sesuai dengan Permen LHK No. 56 Tahun 2015 Tentang Tatacara dan Persyaratan Teknis Pengelolaan LB3 Fasilitas Kesehatan bahwa limbah B3 yang termasuk didalamnya sampah medis harus di musnahkan menggunakan inccinerator.

Terpisah, saat di konfirmasi Kepala UPTD Puskesmas Sumanda Saifullah di Ruanggan Kerjanya Kepada Media ini (12/10/21) Mengatakan bahwa pihaknya dalam Penanganan Limbah, ada dua Macam Limbah Medis B3 dan juga ada Limbah Domistik, Kalo Limbah Medis Kami Bungkus Pakai Plastik.

” Limbah Medis B3 Kami Bungkus Pakai Plastik Warna Kuning dan kami simpan di dalam gudang belakang, lalu Kalo sudah di Telepon dari Pihak PT Kami Kirim ke Puskesmas Talang Padang, ada pihak Ketiga yang Membawa ke Jakarta Langsung untuk Pembakaran pun di sana, Pengangkutan Limbah B3 kurang Lebih 3 Bulan Sekali Terakhir di Angkut Sekitar 1500, kg .” Ungkap saifullah

” Lanjud dia mengenai Limbah Medis yang Berserakan di Tempat Pembakaran Mungkin Tukang, sebagian  yang di Rapikan dan tidak Sengaja Tabur kami Membakar Sampah Medis itu, Karna Tukang Kerja dan itu Tampa Sepengatahuan kami. Kilah nya.” 

sayang saat inggin melihat kondisi Tempat Penampungan Sementara (TPS) limbah medis yang berada di bagian belakang gedung namun Tampak tidak bisa di buka dengan dalih kunci Gak ada.   (Ys)

  • Bagikan