Tingkatkan Wisatawan Ke Dairi, Bupati Launching Semesta Dairi Memanggil

Tingkatkan Wisatawan Ke Dairi, Bupati Launching Semesta Dairi Memanggil

Target kasus news.co.id // Dairi

Jakarta – Untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di Dairi, Pemerintah Kabupaten Dairi melaunching Semesta Dairi Memanggil, Dairi Goes International Kamis (2/6/2022) di Pakuan Tower, Jakarta Selatan. Semesta Dairi Memanggil di hadiri dan di launching langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu yang turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno secara virtual, Dirut BPODT Jimmy Panjaitan serta Pimpinan OPD Kabupaten Dairi.

Menteri Sandiaga Uno melalui virtual mengatakan sangat mengapresiasi program semesta Dairi memanggil yang digagas oleh Bupati Dairi.

“Melalui semesta Dairi memanggil, promosi promosi wisata yang unik akan terangkat sehingga menarik minat wisatawan berkunjung ke Dairi. Dari putera Dairi Sandiaga Uno Kudadiri, sampai jumpa di Tao Silalahi,” ujar Sandiaga Uno.

Eddy Keleng Ate Berutu dalam sambutannya mengatakan Semesta Dairi Memanggil di launching untuk tingkatkan potensi wisata serta jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Dairi. Dairi memanggil Ia katakan bukan hanya memanggil wisatawan tapi semua orang yang berperan dan tergerak hatinya untuk mengembangkan wisata di Dairi.

“Potensi besar yang ada di luar Dairi semuanya sangat dibutuhkan. Kampung halaman akan sejahtera jika kita bersama-sama melakukannya,” tuturnya.

Bupati mengutarakan, misalnya kopi Sidikalang yang menjadi salah satu ikon yang terus di dorong untuk pengembangannya dan juga tenun ulos Silalahi. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam semesta Dairi memanggil diantaranya adalah lomba menulis media dimana para peserta diberikan ruang untuk menulis tentang keindahan Danau Toba khususnya Dairi.

Sementara itu, Dirut BPODT Jimmy Panjaitan mengutarakan sebagai bagian dari destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), pihaknya sangat meyambut dengan baik program ini. Melihat tren yang ada saat ini, Jimmy utarakan BPODT ingin fokuskan kepada komunitas anak muda.

“Saya melihat anak muda di daerah lain sangat antusias, di Dairi juga terlihat antusiasnya seperti dengan adanya kegiatan 1000 tenda.Bagaimana kita berkolaborasi dengan anak-anak muda untuk kembangkan pariwisata,” ucapnya.

Ia juga sangat mengapresiasi program pengembangan pelaku UMKM yang dilakukan oleh Pemkab Dairi, yakni digital enterpreneurship academy (DEA) yang sudah hasilkan wirausaha muda yang mantap akan digitalisasi. Saat ini BPODT diutarakan Jimmy, juga sedang menggali cerita budaya Sagu-Sagu Marlangan di Silahisabungan.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, membagikan buku yang Ia tulis tentang kisah penenun ulos dan petani kopi dengan judul buku “My Dear Dairi”.
Selain itu, diadakan juga talkshow bersama dengan para jurnalis yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Chairwomen W20 Uli Silalahi, Ketua Ikatan Masyarakat Pakpak Indonesia Bachtiar Ujung, Ketua Yayasan Aur Dairi Menenggoi Dimitri Tabitha, perwakilan Bank Sumut.

Pimpinan OPD yang hadir diantaranya Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Rahmat Syah Munthe, Kepala Dinas Kominfo Aryanto Tinambunan, Kepala Dinas Pendidikan Fatimah Boang Manalu, Kepala Dinas Perindagkop UKM Iwan Taruna Berutu.
( DAI/ AP)

.

.

.

CATATAN REDAKSI : Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 Ayat (11) dan (12) Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email : targetkasusnews20@gmail.com. Terima kasih.